Senin, 21 November 2011

Menit-menit yang Berharga dalam hidup..


Menit-menit yang sangat berharga dalam hidup…

Rasululah SAW bersabda : “ Rabb kita turun disetiap malam ke langit yang terendah , yaitu saat sepertiga malam terakhir , maka Dia berfirman : “ Siapa yang berdo’a kepadaKu maka Aku kabulkan , siapa yang meminta kepadaKu maka Aku berikan kepadanya, dan siapa yang meminta ampun kepadaKu maka Aku ampunkan untuknya” . (HR.Al-bukhori )

Dan Amr bin Ibnu Abasah mendengar Nabi SAW bersabda : “ Tempat yang paling mendekatkan seseorang dengan Tuhannya adalah saat ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang akhir . karena itu , jika kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah pada saat itu maka jadilah. “(HR.At-Tarmidzi dan Ahmad).

Hadits Abdullah bin Amr Ibnul Ash RA, bahwa ada seorang laki-laki berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya para muadzin telah mengungguli kita “, maka Rasulullah SAW bersabda: “ Ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh para Muadzin itu dan jika kamu selesai (menjawab),maka memohonlah,kamu pasti diberi.” (HR.Abu daud dan Ibnu hibban).

Dan hadits Ibnu Abbas RA,ia berkata: “ Rasulullah  Saw membuka tabir (ketika beliau sakit), sementara orang-orang sedang berbaris (shalat) dibelakang abu bakar RA, maka Rasulullah SAW bersabda :
“Wahai sekalian manusia , sesungguhnya tidak tersisa dari mubasysyirat nubuwwah (kabar kegembiraan lewat kenabian) kecuali mimpi baik yang dilihat oleh seseorang muslim atau diperlihatkan untuknya. Ingatlah bahwasannya aku dilarang untuk membaca Al-qur’an ketika ruku’ atau ketika sujud. Adapun didalam ruku’, maka agungkanlah Allah dan adapun didalam sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdo’a, sebab hal itu pantas dimaqbulkan bagi kamu semua.”(HR.Muslim)

Dalam kitab Al-Jawabul kafi dijelaskan : “…Jika doa itu disertai dengan hadirnya kalbu dan dalam penuh khusyu’ terhadap apa yang diminta, dan bertepatan dengan salah satu dari waktu-waktu ijabah yang enam itu, yaitu :
1.sepertiga akhir dari waktu malam, 2. ketika Adzan, 3.Waktu antara adzan dan iqamah, 4.Setelah shalat-shalat fardhu, 5. Ketika imam naik keatas mimbar pada hari jum’at sampai selesainya shalat jum’at pada hari itu, 6. Waktu terakhir setelah Ashar.

# Diantara kita ada seorang Rasul yang membacakan Kitab-Nya ketika kilauan fajar telah menyingsing, Beliau melewati malam hari dengan menjauhkan lambungnya dari peraduan yakni saat orang-orang kafir merasa berat untuk meninggalkannya. Nikmatnya tidur telah melalaikanmu untuk meraih kemuliaan dalam hidup ini juga kenikmatan-kenikmatan yang ada dalam surga padahal disurga engkau hidup kekal dan tak akan pernah mati dan akan mendapat berbagai kenikmatan serta semua yang menyenangkan, Bangunlah dari tidurmu sebab ada sesuatu yang jauh lebih baik daripada tidurmu yakni shalat tahjjud dan membaca Al-Qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar