Sabtu, 19 November 2011

Kisah barshish..


Ibnu jarir dan Ibnu Katsir berkata : Bahwa seorang ahli ibadah dari kalangan kaum bani israil bernama barshish, dia adalah seorang ahli ibadah besar  tinggal di sebuah sinagog untuk menyembah  Allah , tetapi ibadahnya lebih mendominasi ilmunya , padahal orang yang berilmu lebih ditakuti oleh syaithon ketimbang seribu ahli ibadah “, ( Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan  : kami telah beriman ,’ sedang mereka tidak diuji lagi ? “ (29:2)).

Kisah barshish….

Ia duduk di sinagognya, lalu datanglah kepadanya sejumlah lelaki dari kalangan mujahidin bani israil, mereka berkata: Hai barshish, sesungguhnya kami bermaksud pergi jihad di jalan Allah, sedang kami mempunyai seorang saudara perempuan yang tinggal di rumah kami disebelah sinagogmu,dia tidak ada temannya sesudah Allah, kecuali hanya engkau. Oleh karena itu, kamu harus menjaganya sampai kami kembali dari jihad . “ Barshish menjawab : ini merupakan suatu kehormatan bagiku, aku terima hal ini dengan senang hati.”
Merekapun berangkat berjihad di jalan Allah dan barshish tinggal di dalam sinagognya menyembah Allah. Selanjutnya datanglah setan kepadanya dan berkata : “ Hai Barshish, sesungguhnya wanita ini dalam jaminanmu. Dia adalah wanita muda yang berada dalam perlindunganmu. Jika kau biarkan, barangkali dia merasa kesepian .
Sebaiknya engkau julurkan kepalamu setiap pagi hari, lalu engkau ucapkan salam kepadanya , itu sama sekali tidak akan membahayakanmu, karena dia seorang wanita yang memakai hijab.” Barshish pun menerima saran setan, lalu dia mengulurkan kepalanya dan mengucapkan salam kepada wanita itu.

Setan datang lagi untuk kedua kalinya, lalu berkata: “ Sebaiknya engkau tinggal disebelah rumahnya agar dia tidak di datangi oleh lelaki lain atau ditakut-takuti oleh jin yang jahat. “ Barshish turun dan tinggal disebelah rumahnya tanpa melihatnya.

Setan datang lagi untuk ketiga kalinya, lalu berkata: “ Sesungguhnya dia adalah seorang gadis yang asing lagi kesepian ; keluarganya keluar untuk jihad, maka tiada seorangpun yang menghiburnya atau mengajaknya mengobrol.” Barshishpun turun dan menghiburnya serta mengajaknya mengobrol, sedang gadis itu memakai hijab.

Setan datang untuk ke- empat kalinya dan berkata: “ Engkau adalah orang yang alim, cerdas lagi terpelihara oleh Allah dan setan takut kepadamu, maka mendekatlah kamu kepadanya dan ciumlah dia.” Akhirnya, Barshish terjerumus kedalam perbuatan zina dan perempuan itupun mengandung.

Setelah wanita itu mengandung, setan berkata kepada barshish : “ Apabila saudara-saudara lelakinya datang dan mereka melihat kemungkaran ini, dia akan menceritakan kepada mereka kejadian yang dialaminya denganmu dan orang-orang akan menuduhmu sebagai pelakunya , maka harga dirimu jatuh dimata mereka, sebaiknya kamu bunuh saja dia, karena hal ini lebih baik bagimu.” Akhirnya Barshish menyembelihnya dan menggali kuburan di dalam rumah wanita itu,lalu mengebumikannya.

Tidak lama kemudian, datanglah saudara-saudara lelaki wanita itu dari jihad dan mereka bertanya: “ Dimanakah saudara perempuan kami?” Barshish menangis dan menyesal, dia mengeluarkan air mata buayanya secara pura-pura demi harga dirinya, lalu menjawab: “ Dia sakit keras, lalu meninggal. Dia adalah seorang wanita yang zuhud dan ahli ibadah, aku kebumikan dia sesudah mendo’akannya.”
Mendengar berita itu, mereka menangisi kematian saudara perempuan mereka dan percaya kepada berita Barshish. Merekapun tidur malam itu.

Setan datang kepada saudara tertuanya dan menceritakan kepadanya bahwa sebenarnya Barshish telah berbuat mesum dengannya, lalu membunuhnya.
Setan datang kepada saudara yang kedua dan yang ketiga dalam mimpinya masing-masing, lalu menceritakan kepada keduanya sebagaimana yang telah ia ceritakan kepada saudara tertua mereka.

Keesokan harinya mereka menceritakan mimpinya masing-masing , lalu mereka sepakat untuk membalas barshish atas perbuatannya terhadap saudara perempuan mereka . Mereka berangkat dan membongkar kuburan yang telah di tunjukkan oleh setan kepada mereka . Ternyata mereka menjumpainya dalam keadaan telah hamil dan mati karena dibunuh.
Setanpun datang dan berkata: “ Hai Barshish, tiada yang dapat menyelamatkanmu, kecuali jika kamu mau bersujud kepadaku sekali saja agar aku bisa melindungimu.’ Akhirnya, Barshish kafir kepada Allah dan mau sujud kepada setan sekali sujud. Selanjutnya mereka membunuhnya.
“ Bujukan orang munafik itu adalah seperti bujukan setan ketika dia berkata kepada manusia : “ Kafirlah kamu , maka tatkalah manusia itu telah kafir, ia berkata :’ Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah , Tuhan semesta Alam.’ Maka adalah kesudahan keduanya masuk kedalam neraka, mereka kekal di dalamnya . demikianlah balasan orang-orang yang dzolim.” ( QS: AL-Hasyr: 16-17)

“ Hai Orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam islam secara keseluruhan…” ( QS: Al-Baqoroh: 208 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar